Rekomendasi Makanan Tradisional Indonesia Yang Banyak Diminati Wisatawan

Indonesia dikenal dengan kekayaan rempah-rempahnya. Itulah mengapa, makanan khas Indonesia memiliki cita rasa khas dan begitu lezat. Bagi yang ingin mencicipnya, simak berikut ini kumpulan Makanan Tradisional Indonesia yang menggetarkan lidah.

Selain dikenal dengan budayanya, Indonesia juga dikenal dengan beragam kulinernya yang begitu menggoda lidah. Bahkan, ada beberapa makanan tradisional Indonesia yang sudah dikenal hingga mancanegara.

Makanan Khas Daerah Indonesia Favorit Wisatawan

Ada berbagai masakan khas yang rasanya sangat lezat. Bahkan, masakan ini telah disebut-sebut sebagai makanan Indonesia yang mendunia. Indonesia memang dikenal akan negara kepulauan dengan tanah yang sangat subur.

Tidak hanya satu makanan saja, ada cukup banyak makanan Indonesia yang mendunia. Bahkan makanan tersebut berasal dari berbagai daerah yang menggambarkan budaya yang ada di Indonesia ini sangat beragam.

Rendang

Bisa dikatakan, rendang menduduki peringkat tertinggi sebagai makanan Indonesia yang mendunia. Makanan khas Sumatera Barat ini menjadi salah satu kuliner khas yang sering disajikan di berbagai festival Internasional.

Tak tanggung-tanggung, kelezatan rendang membuat Gordom Ramsay, koki ternama dunia yang rela datang ke Sumatera Barat untuk mempelajari resep aslinya.

Nasi Goreng

Nasi goreng adalah makanan tradisional Indonesia yang populer. Mulanya, makanan ini dibuat sebagai cara untuk menghindari membuang nasi sisa, karena menggoreng nasi yang sudah dimasak mencegah bakteri berkembang biak yang bisa membuat kamu sakit. Keberadaan nasi goreng kini sudah bisa ditemukan diberbagai sudut Indonesia, bahkan mancanegara.

Sate

Makanan Indonesia yang mendunia lainnya adalah sate, makanan berbahan dasar daging yang dibakar dan disajikan dengan beragam jenis bumbu. Tak hanya menjadi favorit masyarakat Indonesia, sate juga menjadi kegemaran masyarakat di luar negeri.

Ini ditandai dengan munculnya sejumlah restoran yang memasukan hidangan sate ke dalam menunya seperti Satay Junction yang terletak di New York. Sebenarnya, beberapa negara Asia lain juga memiliki makanan yang mirip dengan sate, seperti misalnya yakitori dari Jepang.

Soto

Makanan khas daerah Indonesia berikutnya yang jadi favorit banyak orang adalah Soto. Makanan sejenis sup dengan kuah rebusan ayam atau sapi ini memiliki cita rasa yang unik dan menggugah selera. Kuah berwarna kekuningan dengan rasa gurih dan harum. Warna kuning dikarenakan dari kunyit, bawang merah, bawang putih sebagai bumbu dasarnya. Sedangkan soto daging biasa berwarna bening atau berkuah santan.

Soto dapat ditemukan di tiap daerah, khususnya di pulau Jawa. banyak sekali varian soto di Indonesia, salah satunya adalah Soto Lamongan, Soto Kudus, Soto Betawi, Soto Bandung, Soto Padang, Soto Jepara, Soto Banjar, Coto Makasar, dan masih banyak lainnya.

Gado-gado

Kuliner khas Indonesia dan sudah mendunia berikutnya yaitu gado-gado. Makanan asal Jawa ini terbuat dari beberapa sayuran rebus, potongan telur rebus, taburan daun bawang, dan kemudian disiram dengan sambang kacang. Gado-gado dikenal juga sebagai menu salad ala Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.